Featured

Dimana Sebagian Besar Lemakmu Tersimpan?

Walaupun Anda tidak kelebihan berat badan, tolong perhatikan ukuran pinggangmu. Bila ukuran pinggangmu terus membesar tiap tahun, Anda harus mulai memikirkan mengendalikan dietmu dengan serius karena lemak tubuh Anda bisa mengakibatkan masalah serius pada kesehatanmu.

 *Lemak subkutan vs Lemak Visceral - lemak mana yang lebih membahayakan jiwa? kenapa?
Baik lemak subcutaneous maupun lemak visceral berdampak pada kesehatan setiap orang. Walau demikian, lemak visceral di organ-organ tertentu bisa memproduksi adipocytokines. Ada dua jenis adipocykotines, yang satu bekerja mencegah astherosclerosis dan yang satu lagi bekerja memperbanyak astheroscleorosis. Begitu keseimbangan produksi adipocytokines terganggu oleh kelebihan lemak visceral, berbagai indeks kesehatan seperti tekanan darah akan terpengaruh dan menciptakan penggumpalan darah, lalu menyebabkan masalah-masalah kesehatan yang serius.

   *Adakah cara mudah untuk mengenali lemak jenis apa yang bisa saya miliki?
Ya, Body Mass Index (BMI) dan Waist Circumference (WC) dapat digunakan untuk mengukur bentuk tubuh seseorang. Orang dengan bentuk tubuh seperti apel selalu memiliki banyak lemak visceral.

  *apakah sindrom metabolisme itu? Kenapa lemak tubuh mengakibatkan resiko kesehatan?
Sindrom metabolisme adalah status seseorang dengan resiko Atheroscleorosis tinggi (pengerasan pembuluh darah). Pada kebanyakan kasus, ukuran yang digunakan adalah Waist Circumference (WC). Sebagai contoh di Taiwan, bila ukuran WC seseorang melebihi 35inch pada pria atau 32inch pada wanita dan dihubungkan dengan tekanan darah tinggi serta hyperlipidemia (kelebihan lemak atau lipids dalam darah), mereka dianggap pasien penderita sindrom metabolis. Semakin banyak lemak tubuh menghasilkan semakin banyak pula protein cytokine yang berfungsi sebagai pembawa pesan antara sel-sel untuk mengatur peradangan.

   *Lemak mana yang mudah untuk dihilangkan? 
Lemak visceral atau lemak tubuh yang melekat pada organ tubuh seseorang mudah dihilangkan dengan berolahraga, mengontrol asupan makanan dan mengurangi berat badan. Mengecilkan ukuran pinggang dan mempertahankan ukuran BMI dalam batas normal tidak hanya membuat Anda tetap sehat tapi juga membantu menghilangkan lemak yang tak diinginkan itu. 

   *Bagaimana menghitung BMI-mu?
Definisi WHO tentang kelebihan berat badan dan kegemukan berdasarkan ukuran BMI (Body Mass Index) 
BMI > 25kg/m2: kelebihan berat badan 
      > 30kg/m2: Obesitas/ Kegemukan

BMI adalah indeks sederhana untuk berat atas tinggi badan yang biasa digunakan untuk menggolongkan kelebihan berat badan dan kegemukan pada orang dewasa. Didefinisikan sebagai berat badan seseorang dalam kilogram dibagi tinggi dalam meter persegi (Kg/m2).
             
                BMI = Berat (kg) ; Tinggi (m2)

Anda tidak perlu susah menghitung, Anda bisa hitung langsung dengan memasukan data pada formula perhitungan BMI (sebelah kanan blog).









0 Response to "Dimana Sebagian Besar Lemakmu Tersimpan?"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==