Featured

Cara mengatasi rambut rontok parah berlebihan

Pria memang mendominasi keguguran rambut dibandingkan kaum wanita, sering kita temui pria dengan rambut botak, sulah, yang jarang ditemui pada wanita. walaupun menemukan wanita botak jarang ditemukan akan tetapi wanita sering mengalami masalah rambut rontok dan menipis. banyak penyebab masalah pada rambut wanita terutama kurangnya kepedulian dalam menjaga kesehatan rambut, seperti misalnya pemenuhan kebutuhan vitamin rambut.

Tanda dan Gejala

Rambut rontok bisa terjadi kapan saja secara mendadak dan bisa juga secara bertahap. kerontokan bisa saja hanya sementara sifatnya, jika sudah dalam kondisi yang parah dapat mengalami kebotakan(permanen) tidak bisa ditumbuhi rambut lagi.
1. Pada kulit kepala terdapat sisik seperti kurap berwarna kemerahan, kulit kepala bengkak dan benjol-benjol. pada area rambut tersebut banyak terdapat kerusakan. biasa juga kita temukan pada kulit kepala bayi.
2. Bukan hanya kulit kepala pada rambut yang dapat rontok, area rambut tubuh lain seperti alis, kumis dan pada daerah jenggot juga dapat gugur. pada daerah kulit kepala yang botak biasanya terdapat lingkaran yang berbintik. terkadang disertai rasa nyeri dan gatal yang terjadi sebelum rambut mulai tanggal.
3. Pada wanita dan pria memiliki daerah rambut rontok yang berbeda. pada wanita biasanya berupaya mempertahankan rambut daerah dahi yang mudah sekali rontok. jika pada pria tanda kerontokan biasanya ada pada daerah dahi yang membentuk hurup M.
4. Pada saat menyisir rambut dapat menyebabkan rambut terlepas dari akarnya bahkan jika anda menarik perlahan rambut anda. ini sering dialami oleh orang yang dalam keadaan emosi tidak stabil misalnya dalam keadaan hamil atau setelah melahirkan.

rambut rontok parah berlebihan penyebab kebotakan

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menjadi penyebab rambut anda gugur, rontok parah berlebihan

1. Stres mental
stres ini biasanya berhubungan dengan emosional yang berhubungan dengan masalah pribadi. misalnya karena adanya masalah rumah tangga, tugas sekolah ataupun tugas kantor yang menumpuk, merasa kehilangan seseorang yang dicintai atau meninggalnya keluarga terdekat.

walau memiliki penyebab yang berbeda dengan stres fisik akan tetapi memiliki kesamaan dalam efek yang ditimbulkan yaitu rambut mudah rontok. akan tetapi kabar baiknya seperti juga stres fisik, kerontokan rambut tidak bersifat permanen, hanya sementara saja. menenangkan diri dan istirahat yang cukup dapat membantu meringankan stres yang berhubungan dengan emosional.

2. Perubahan hormon pada wanita
Penggunaan pil keluarga berencana(KB) dapat mempengaruhi hormon pada wanita, perubahan tersebut seperti halnya wanita hamil dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. anda dapat membicarakan dengan dokter sebelum menghentikan obat oral KB yang anda gunakan untuk alternatif kontrol kelahiran lainnya.

3. Kehamilan
Saat hamil wanita mengalami kehilangan konsentrasi, perasaan tidak tenang dan stress berlebihan. akibat dari perasaan tersebut menyebabkan kondisi fisik wanita hamil menjadi menurun. yang sering kita temui gejala rambut rontok pada wanita hamil adalah disaat mereka mengetahui mereka telah positif hamil. perasaan cemas, gembira dan terkadang berdebar apalagi bagi wanita yang baru pertama kali hamil, tentu saja membuat rasa stress yang tidak beralasan. sebenarnya jika ibu hamil tadi dapat menekan perasaan cemas tadi, kerontokan pada rambut dapat dikurangi dan dicegah. akan tetapi jika rambut anda tetap gugur selama masa kehamilan hal itu tidak akan berlangsung lama, hanya beberapa bulan saja dan rambut anda akan tumbuh normal kembali. anda dapat berkonsultasi dengan dokter maupun bidan untuk mendapatkan petunjuk terbaik.

4. Keturunan
Walau jarang terjadi kebotakan pada wanita mungkin saja dialami jika memiliki riwayat keturuan atau keluarga yang botak.  perempuan yang memiliki faktor untuk menjadi botak dalam istilah medis dikenal dengan androgenic alopecia androgenetic. untuk mengatasi kerontokan rambut karena faktor keturunan wanita dapat melakukan tindakan pencegahan yaitu dengan menggunakan minoxidil(rogaine) untuk menumbuhkan kembali rambut yang telah gugur.

5. Usia
Kita tidak dapat berbuat banyak jika sudah berhadapan dengan penuaan. yang dimaksud usia tua disini adalah diatas umur 50 tahun. pada rentang usia manula tersebut adalah hal yang normal jika rambut anda akan menipis secara perlahan. anda tidak perlu menggunakan obat-obatan yang dapat membahayakan kesehatan rambut untuk menyembunyikannya. anda bisa belajar cara menata rambut yang benar agar terlihat sempurna dan menggunakan wig ataupun jilbab untuk menutupinya.

6. Gangguan kontrol impuls(trikotilomania)
Remaja yang berusia dibawah 17 tahun memiliki kecenderungan untuk memiliki kebiasaan buruk dengan rambutnya, seperti misalnya menarik-narik rambut, memainkan rambut dari atas ke ujung rambut. pemberian antidepresan sesuai anjuran dokter adalah salah satu langkah terbaik untuk pencegahannya. trikotilomania sering ditemui pada wanita dibandingkan pria. anda harus menghilangkan kebiasaan buruk tersebut agar rambut anda tidak mudah rontok berlebihan.

7. Penyakit
Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan rambut anda gugur misalnya anemia, seperti yang kita tahu anemia adalah penyakit karena kekurangan zat besi. wanita cenderung untuk terkena penyakit anemia. hal ini dapat konsultasikan dengan dokter, atau anda dapat mengkonsumsi makanan atau suplemen yang kaya akan zat besi.

selain anemia penyakit yang berhubungan dengan kerontokan rambut adalah penyakit autoimun seperti lupus. tidak seperti anemia, kerontokan rambut yang disebabkan oleh lupus sangat berbahaya karena efek kerusakan yang ditimbulkannya pada jaringan parut kulit. tentu saja rambut anda tidak akan bisa tumbuh kembali.

8. Perawatan style gaya rambut yang berlebihan
Bagi wanita modern sekarang ini pergi kesalon sudah menjadi trends agar rambut tampak indah dan cantik. akan tetapi penggunaan cairan kimia dapat mempengaruhi akar rambut yang dapat menyebabkan kebotakan. mengikat rambut terlalu erat seperti misalnya pada kepang rambut juga dapat menyebabkan rambut anda rontok.

penggunaan cairan kimia untuk meluruskan rambut juga dapat menyebakan kebotakan. untuk menjaga rambut anda tetap lebat dan sehat anda dapat melakukan perawatan sendiri dirumah tanpa harus ke salon yang mahal. anda hanya cukup berkeramas seperti biasanya dan menggunakan kondisioner setelah keramas. penggunaan alat pengering rambut sebaiknya dihindari. jika sudah terpaksa jangan terlalu sering. seminggu sekali mengeringkan rambut dengan hair dryer adalah lebih dari cukup.

9. Penggunaan vitamin A yang berlebihan
Vitamin A memang dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh sehat, tetapi jika telah berlebihan justru dapat mempercepat kerontokan rambut. penggunaan suplemen vitamin A untuk anak diatas empat tahun dan juga orang dewasa adalah sebanyak 5.000 International Unit(IU). jika penggunaan vitamin A menyebabkan kelainan pada rambut anda, sebaiknya harus dihentikan agar rambut anda tumbuh normal kembali.

10. Kebotakan pada laki-laki
Pencegahan dan pengobatan kebotakan pada pria dapat menggunakan obat oral seperti misalnya finasteride(propecia) ataupun menggunakan obat berbahan krim seperti minoxidil(rogaine). untuk kerontokan rambut pria yang terlalu parah biasanya dokter menggunakan cara pencangkokan rambut atau operasi transplasi. pada kasus yang sudah kronis, penyebab utamanya adalah hormon seks dari pria dan combo gen dapat menjadi penyebabnya.

11. Stres fisik
Jika kita sering mendengar tentang stres mental menyebabkan rambut rontok seperti misalnya dialami wanita hamil, stres fisik juga merupakan faktor lain yang berdampak pada kerontokan rambut. stres fisik ini seperti misalnya pernah tabrakan, terjatuh akibat benturan benda keras. kerontokan rambut pada penderita stres fisik tidak berlangsung selamanya, hanya 3 sampai 6 bulan setelah mengalami trauma akibat kecelakaan.

12. Kemoterapi
Penggunaan obat-obat antikanker untuk kemoterapi dapat menyebabkan rambut gugur dan rontok. obat kemoterapi bukan hanya membunuh sel-sel kanker juga dapat menyebapkan sel pada rambut terbelah. efek samping kemoterapi pada rambut akan berhenti seiring dengan penghentian penggunaan obat untuk kemo.

13. Saat haid
Pada wanita yang haid(menstruasi) terjadi perubahan hormon pada tubuhnya, tingkat emosi yang tidak menentu sehingga menjadikan rambut mereka mudah sekali rontok. hal ini adalah hal yang normal dan tidak berbahaya, setelah masa haid itu selesai rambut anda akan tumbuh kembali. gunakan shampoo yang tepat seperti shampo urang-aring dan lidah buaya dapat mendinginkan kulit kepala anda dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala.

13. Berat badan turun drastis
Badan kurus akibat kekurangan vitamin dan mineral dapat mengakibatkan gangguan metabolisme pada tubuh. jika anda merasa berat badan anda turun drastis secara mendadak yang diiringi dengan rontoknya rambut, hal tersebut bisa disebabkan karena pola makan anda mengalami gangguan seperti bumelia atau anoreksia. penurunan berat badan secara mendadak tersebut membuat sistem metabolisme tubuh anda terkejut dan perlu waktu untuk menyesuaikannya kembali.

14. Pengaruh obat-obatan
Penggunaan obat-obatan tertentu seperti golongan obat anti-inflmasi nonsteroid(NSAID) seperti ibuprofen, antidepresan, rematik yang termasuk methotrexate dapat menjadi pemicu rontoknya rambut. jika anda sensitif terhadap golongan obat tersebut anda dapat mengkonsultasikan dengan dokter untuk pemilihan obat yang tidak memiliki efek samping berbahaya terhadap rambut anda.

15. Setelah melahirkan
Wanita yang baru saja melahirkan bayi masih memiliki tingkat emosional yang tidak stabil, pengaruhnya dapat menyebabkan stres pada mental dan perubahan pada hormon tubuh dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan. bagi wanita yang menyusui bayi kerontokan rambut anda dapat dicegah dengan banyak istirahat, minum air putih, menenangkan pikiran dan melakukan kegiatan menyenangkan yang tidak membuat anda pusing. hilangkan sejenak masalah dari pikiran anda sehingga anda terhindar dari kerontokan rambut karena stres berlebihan.

Pencegahan

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein misalnya telur, ikan dan daging. jika anda termasuk vegetarian anda dapat menggantinya dengan sumber makanan dari tumbuhan misalnya dari kacang kedelai seperti tempe dan tahu.
Makanan kaya akan vitamin B
Penyakit anemia dapat menyebabkan kerontokan rambut, untuk pencegahan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B tinggi dapat menjaga tubuh dari anemia. sumber makanan terbaik adalah dari kacang-kacangan dan buah-buah-buahan yang mengandung protein dan lemak baik seperti buah alpukat.

Pengobatan

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan obat-obat berikut untuk mengobati rambut rontok dan mencegah kebotakan:

1. Finasteride (Propecia)
Obat ini hanya dikonsumsi oleh pria, diminum setiap hari dalam bentuk pil. fungsinya obat finasteride adalah memperlambat kerontokan dan keguguran rambut secara berlebihan. pada kondisi terbaik, dapat menumbuhkan rambut baru.
Efek samping :
Penggunaan obat finasteride diantaranya perubahan pada hormonal terutama berkurangnya gairah seksual pria. wanita hamil dilarang menggunakan obat ini.

2. Minoxidil (Rogaine)
Obat ini untuk pemakaian luar tubuh terutama di daerah kulit kepala yang mengalami kerontokan rambut. bentuknya cairan dan juga busa seperti shampo ketika anda menggosokkan. banyak yang berhasil menumbuhkan rambut dengan minoxidil dan hasilnya juga tidak begitu lama sekitar enam belas minggu hasilnya akan terlihat baik dengan ditandai dengan tumbuhnya rambut pada kulit kepala yang rontok.
Efek samping:
Obat ini termasuk aman untuk digunakan, pada orang yang berkulit sensitif terjadinya iritasi kulit yang ringan. terkadang pada daerah kulit yang berdekatan dengan wajah ikut ditumbuhi rambut. begitu juga dengan daerah tangan. dalam penggunaan obat ini anda harus mengikuti cara pakai yang sesuai aturan agar rambut tumbuh pada tempatnya.

3. Operasi dan laser
Pada kondisi ini biasanya dokter akan menyarankan anda melakukannya jika dokter melihat kondisi kebotakan anda bersifat permanen sehingga rambut tidak mungkin bisa tumbuh lagi didaerah kulit kepala anda. Transplantasi rambut menurut FDA aman dilakukan terutama dengan perangkat laser tingkat rendah. pada prosedur bedah rambut ini akan terjadi perpindahan rambut pada daerah yang subur ke daerah kulit kepala yang tidak dapat ditumbuhi rambut.

4. Pengobatan tradisional, alternatif dan herbal
Jika dokter anda menyatakan bahwa kondisi tubuh anda dalam keadaan yang sehat, tentunya mengkonsumsi suplemen obat alternatif tidak banyak membantu untuk mengatasi kerontokan rambut anda. pengobatan herbal menggunakan minyak lavender, kayu cedar dipercaya mampu untuk menumbuhkan rambut. walaupun secara medis ramuan tersebut belum diuji secara klinis yang lebih terperinci. penggunaan obat-obatan tradisional yang menggunakan minyak kemiri dan lidah buaya setidaknya aman untuk anda gunakan. Daun waru juga dapat bermanfaat untuk menyuburkan rambut, anda dapat membaca artikel manfaat dan khasiat daun waru untuk rambut

5. Shampo untuk rambut rontok
Berikut ini adalah daftar nama shampo yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati rambut rontok
- SEBAMED ANTI HAIRLOOS SHAMPO 200 ML
Harga Rp. 180.000
Shampo ini dapat mencegah rambut rontok dan memperkuat akar rambut, meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala. dapat menyehatkan kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh kembali.

- SELSUN BLUE 5 SHAMPO 120 ML
Harga Rp. 60.000
Shampo ini selain berfungsi untuk menghilangkan ketombe dapat juga mencegah kerusakan rambut agar tidak mudah rontok dan dapat merangsang tumbuhnya rambut baru pada kulit kepala.

- HG SHAMPO 200 ML
Harga Rp. 90.000
Shampo ini dapat memberikan nutrisi pada rambut dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang rambut untuk tumbuh lebih lebat, subur dan tebal.

0 Response to "Cara mengatasi rambut rontok parah berlebihan"

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==